Friday, May 11, 2007

13 HAL UNTUK MEMILIH IDE BISNIS

Berikut ini adalah 13 hal untuk memilih ide bisnis anda. Ingat seorang entrepreneur dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mencari ide-ide bisnisnya. Anda tidak perlu beramai-ramai untuk menjadi kreatif, dan janganlah takut jika anda mencari ide-ide sendiri. Bila ide anda tidak keluar dari pikiran anda sebagaimana yang diharapkan, ada beberapa cara untuk menstimulasi proses berfikir anda. Putar-putarlah dengan masalah yang ada, lihatlah dari sisi yang berbeda, anda akan dapat melihat hal yang tidak terlihat sebelumnya.

Informasi berikut akan membantu anda untuk menghasilkan ide bisnis jika anda merasakan kebuntuan

  1. Tipe orang seperti apakah anda?

Apakah personality atau fisik anda dapat memberi saran suatu ide usaha? Bilamana anda seorang yang ulet, mempunyai senyum yang menyenangkan dan mempunyai kelebihan berbicara panjang lebar anda mungkin cocok untuk menjadi seorang penjual (sales) yang baik. Jika anda dapat melakukan negosiasi dengan baik terhadap orang lain, anda mungkin tipe seorang yang dapat melakukan retail franschise, network marketing atau makelar dari produk orang lain.

  1. Keterampilan apa yang anda punya?

Pertama-tama, lihatlah keterampilan dan keahlian anda dan juga apa yang bisa. Contohnya anda jago memasak, anda bisa membuka usaha catering, dan contoh lainnya. Anda yang mengetahui apa keahlian yang anda miliki. Pengusaha yang sukses sering dimulai dari orang-orang yang mempunyai pengalaman nyata dari pekerjaan yang ditekuninya dan nantinya menjadi modal dimana usaha mereka geluti.

  1. Dapatkah anda mengadaptasi keterampilan yang ada?

Kebanyakan keterampilan yang dipunyai merupakan keterampilan yang sudah umum dan mudah didapat. Anda menjadi berfikir bahwa pasar tidak memberikan ruang untuk anda yang terjun dengan keterampilan yang sama. Dapatkah anda memodifikasi keterampilan dan pengalaman yang anda miliki ketika bekerja pada orang lain? Contohnya ketika anda bekerja pelayan warung bakso, dapatkah memanfaatkan keahlian anda membuat bakso menjadi usaha warung bakso anda sendiri.

  1. Dapatkah anda menjadikan hobi menjadi usaha?

Apakah anda mempunyai keterampilan dalam bentuk hobi yang dapat dijadikan sebagai basis dari suatu usaha?sebagai contoh apakah anda suka otomotif? Anda bias membuka bengkel atau menjual onderdil, dan sebagainya dari hobi anda. Jangan mengesampingkan hobi anda karena anda melakukan untuk bersenag-senang, seseorang mungkin berkeinginan membayar untuk hobi anda tersebut.

  1. Apakah teman-teman anda mempunyai ide-ide untuk membuka usaha?

Cobalah berbicara dengan teman anda, gali ide-ide mereka. Mungkin dari ide tersebut dapat direalisasikan dengan teman anda. Anda bisa menjadi partner dan bisa bersama-sama membangun usaha tersebut.

6. Dapatkah anda bekerja dari rumah?

Jika anda seorang ibu rumah tangga yang selalu berada dirumah, anda dapat memanfaatkan hobi anda untuk usaha yang anda lakukan dirumah anda, atau anda membuat ruang untuk usaha anda dirumah anda. Sebagai contoh anda suka menjahit, membuat boneka, membuat kue, anda bisa mengajar atau membuka kursus dari keahlian anda, dll. Anda bisa mengembangkannya dirumah.

  1. Apakah barang atau jasa yang dibutuhkan daerah anda?

Barang atau produk apa yang sulit atau tidak mungkin didapat didaerah anda? Jasa apa yang menurut anda rasakan tidak tersedia pada saat anda sangat membutuhkannya? Apakah masalah yang membuat anda sangat tidak menyenangkan atau mahal untuk memperolehnya? Tentang apa yang anda, teman dan tetangga anda sering komplain? Ketahuilah apa yang lingkungan sekitar anda alami, kesulitan dalam mendapatkannya. Apakah ada cara untuk menyediakan jasa setempat atau produk tersebut untuk kebutuhan pasar tersebut dimana seseorang bersedia untuk membayarnya.

  1. Dapatkah anda menjual barang yang dibuat oleh orang lain?

Bila anda tidak bisa membuat produk sendiri, anda bisa menjual produk orang lain. Bisa dengan membelinya terlebih dahulu atau juga dengan system konsinyiasi yaitu barang kita jual terlebih dahulu, setelah barang tersebut laku baru kita bayar ke pemilik produk. Dengan menjualkan barang orang lain, kita tidak memerlukan modal untuk membuat barang. Kita hanya menjualkannya.

  1. Dapatkah anda melihat ide-ide baru?

Cobalah untuk melakukan brainstrongming dengan teman atau relasi anda, lihatlah apakah anda dapat melihat ide-ide baru yang berbeda dengan sebelumnya. Lihatlah lingkungan sekitar anda, ide baru apa yang dapat dilakukan dengan kondisi seperti itu.

  1. Dapatkah anda melihat ide yang ada dengan cara baru?

Berbeda dengan yang dipahami pada umunya, terdapat beberapa ide-ide yang original. Pengusaha-pengusaha yang sukses kebanyakan berasal dari proses memodifikasi, menyempurnakan, dan memikirkan ulang ide yang ada. Ada sebuah teori yaitu ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi. Cobalah anda berfikir lebih dalam terhadap produk-produk yang ada atau material yang anda ketahui.

  1. Dapatkah anda meniru orang lain?

Ketika anda bingung ide apa untuk membuka usaha, coba saja dengan meniru ide yang telah dilakukan orang lain. Tetapi yang paling penting dari meniru ide tadi adalah anda harus memiliki perbedaan atau diferensiasi dari usaha orang lain. Usaha boleh sama tetapi usahakan anda memiliki ciri khas anda sendiri.

  1. Dapatkah anda membeli usaha yang sudah ada?

Anda mungkin dapat memikirkan untuk membeli usaha yang sudah ada. Tetapi dalam membeli, pastikan anda mengetahui mengapa pengusaha yang bersangkutan menjual usahanya dan juga apakah usaha yang ingin anda beli memiliki prospek yang bagus.

Dalam kaitannya dengan membeli usaha, anda bisa dengan membeli suatu produk franchise. Sekarang ini sudah banyak produk franchise, anda pilih yang sesuai dengan anda.

  1. Dapatkah anda melihat kesempatan usaha yang ramah lingkungan?

Perhatian masyarakat terhadap lingkungan merupakan pasar yang menarik saat ini. Bahkan perubahan perilaku telah berubah dirumah-rumah. Masyarakat sudah sadar begaimana membuang sampah dan mereka memakan yang diproduksi secara natural. Usaha yang ramah lingkungan, dalam hal ini kesempatan usaha untuk mensuplai produk daur ulang yang diproduksi dari rumah dimana produksinya lebih cepat dan nyaman, seperti daur ulang plastic dan kertas. Juga anda bisa membuka restoran makanan organic.dll

Selamat menemukan ide bisnis anda. Dan lakukan apa yang menjadi ide anda tersebut

No comments: