Friday, May 11, 2007

SUCCESSFUL ENTREPRENEUR

Successful Entrepreneur. Pengusaha atau lebih dikenal dengan istilah entrepreneur adalah orang-orang yang selalu mencari perubahan, menanggapinya dan memanfaatkannya sebagai peluang. Setiap perubahan ditanggapinya secara kreatif dan inovatif. Seorang entrepreneur selalu mencari adanya peluang lalu mengejar peluang-peluang yang cocok dengan dirinya dan percaya bahwa keberhasilan bisa dicapai (Jose Carlos Janllo-Moss). Berangkat dari definisi tersebut sebenarnya kita bisa memahami sosok seorang entrepreneur yang optimis dalam meraih kesuksesan dan pantang menyerah dalam mengejar peluang. Untuk sukses menjadi entrepreneur memerlukan kuota gagal yang yang harus dipenuhi Pantang menyerah dalam setiap kegagalan, apabila sudah demikian, maka mental seorang entrepreneur akan terbentuk dengan sendirinya. Sebuah bisnis yang stabil tidak terjadi dengan sendiri, tetapi harus melalui tahapan demi tahapan. Bisnis yang baik tidak pernah tiba-tiba menjadi besar

Menurut Geoffrey G. Meredith, menjadi seorang entrepreneur berarti memadukan perwatakan pribadi, keuangan dan sumber-sumber daya di dalam lingkungan anda.

Menjadi entrepreneur berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang-peluang itu.

Entrepreneur yang berhasil biasanya bergerak di bisnis yang dikuasainya betul. Bidang yang dikuasai itu bisa karena pengalaman yang terus-menerus, pendidikan, hobi, pengalaman dan sebagainya. Konsentrasi pada bidang yang dikuasai berarti tidak ikut-ikutan, tidak latah hanya melihat orang lain.

Dalam berbisnis modal uang bukanlah segalanya. Integritas, kerja keras, pengetahuan tentang pasar, penguasaan tentang teknologi, keahlian dan seterusnya adalah modal yang sama pentingnya dengan modal uang. Dan supaya menjadi seorang entrepreneur yang sukses anda harus memiliki mental entrepreneur, berikut ini sifat-sifat pribadi yang dibutuhkan entrepreneur:

  1. Visi : Kemampuan melihat apa yang tidak dapat dilihat orang lain.
  2. Keberanian : Kemamapuan bertindak walaupun ada keraguan yang besar.
  3. Kreativitas : Kemampuan berfikir lain dari kebanyakan orang.
  4. Kemampuan menanggung kritik : Tidak ada satu pun orang sukses yang tidak dikritik.
  5. Kemampuan untuk menunda rasa puas diri : Menahan diri jangka pendek dan lebih mengutamakan jangka panjang.

Sukses adalah hasil dari integritas diri, perencanaan, dan kerja keras. Jika anda mempunyai itu akan berhasil. Selain dituntut untuk memiliki integritas diri, perencanaan dan kerja keras, seorang entrepreneur juga harus memiliki keahlian dasar seorang entrepreneur.

Tiga keahlian yang dimiliki entrepreneur, yakni:

  1. Keahlian bisnis
  2. Keahlian manajemen uang
  3. Keahlian investasi

tiga hal diatas adalah sesuatu yang harus anda punyai, latihlah dan kembangkan terus sehingga anda dapat menjadi seorang entrepreneur sukses.

Mengelola bisnis apapun harus dengan kesungguh-sungguhan, ditekuni, mengelola bisnis yang tampaknya gampang pun sebenarnya memerlukan konsentrasi, dan keterlibatan segenap potensi jiwa : cipta, rasa, karsa, tanpa hal itu tidak akan didapatkan hasil yang maksimal.

Kalau diatas tadi adalah keahlian yang harus dimiliki entrepreneur, sekarang adalah persyaratan yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur untuk membangun usahanya menjadi sukses, yaitu sebagai berikut:

  • Miliki mimpi atau impian

Dengan mimpi kita akan memiliki energi untuk memulai suatu usaha

  • Gali ide sebanyak mungkin

Siapa tahu, salah satu ide anda dapat menjadi jalan menuju kesuksesan anda. Dan mulailah dengan membuat proposal dari ide anda.

  • Pandai melihat peluang

Sekecil apapun celah yang ditemui, jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

  • Penelitian dan desain

Mempelajari dan menginvestasi kemungkinan dari proposal bisnis dan dikembangkan menjadi suatu usaha.

  • Pemberdaya

Mendapatkan pendanaan dan juga mendapatkan saran dan keahlian

  • Pemasaran

Promosi dan penjulan dari produk atau jasa yang anda miliki

  • Menjalankan

Lakukan adsministrasi dan evaluasi usaha yang baik

  • Evaluasi dan umpan balik

Monitoring terhadap yang terjadi dalam usaha anda kekurangan dan kelebihan dan merespon kekurangan dan kelebihan tersebut dengan baik.

  • Keja keras

Apabila kita tidak kerja keras, kita tidak akan mencapai apa yang menjadi impian kita. ingat memulai usaha tidak mudah anda harus kerja keras.

Semoga dari apa yang saya tulis diatas dapat menambah pengetahuan anda untuk bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang sukses (successful entrepreneur)

No comments: